dok.pribadi dok.pribadi

Aditya Alumni PKPMN Kemenpora Siap Gelar Start-Up 48 di Kota Purwokerto

Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Tahun 2022 memiliki tujuan untuk membangun kepemimpinan muda yang berkarakter dan berdaya saing tinggi di era digital

Banyumas.News-Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia kembali melaksanakan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) pada tahun 2022. PKPMN angkatan III mengusung tema "Membangun Kepemimpinan Muda yang Berkarakter dan Berdaya Saing Global di Era Society 5.0" dilaksanakan melalui tahapan seleksi yang ketat, mulai dari tahap administrasi, CAT, dan wawancara.

Tahap administrasi diikuti 1.400 orang yang disaring menjadi 700 orang yang lolos tahap administrasi. Tahapan selanjutnya adalah seleksi CAT dengan menyaring 700 orang menjadi 200 orang yang terpilih lanjut tahap wawancara. Tes wawancara merupakan tahap terakhir seleksi yang menyisakan 100 orang terpilih untuk mengikuti Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) angkatan III tahun 2022.

Aditya Pratama Nugraha selaku CEO Banyumas News merupakan salah satu dari 100 pemuda terpilih mengikuti kegiatan daring selama 4 hari dan luring selama 10 hari. Aditya selaku utusan Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. “Sangat bangga menjadi bagian dari perwakilan pemimpin muda se-Indonesia. Bertemu dengan pemuda pemimpin organisasi di daerahnya masing-masing bahkan ada yang merupakan perwakilan organisasi di tingkat pusat sangat membantu dalam pertukaran informasi kepemudaan daerah masing-masing dalam rangka meningkatkan indeks pembangunan pemuda” ujar Aditya.

Kegiatan PKPMN secara daring dilaksanakan pada tanggal 5-8 September 2022 via zoom meeting. Materi yang diberikan selama kegiatan daring, yaitu kebijakan kepemudaan, strategi ketahanan nasional, penguatan ideologi bangsa, dan penguatan supremasi hukum. Materi yang ada diharapkan mampu mewujudkan kepemimpinan muda yang profesional, visioner, dan berjiwa nasionalisme yang kuat.

Kegiatan PKPMN secara luring dilaksanakan pada tanggal 14-23 September 2022 di Hotel Ciputra Jakarta dan kunjungan ke KPK, DPR RI, dan MK RI. Materi pembukaan dan penutupan diberikan oleh Prof. Dr. Zainudin Amali, S.E., M.Si. selaku Menteri Pemuda dan Olahraga, Dr. H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, MA selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, dan Dr. Mustadin Taggala selaku Plt. Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kemenpora RI. Materi yang diberikan di Hotel Ciputra Jakarta, yaitu bidang politik, agama, kepemudaan, dan design thinking. Peserta PKPMN juga mendapatkan materi team building melalui kegiatan outbound di Kebun Raya Bogor.

 “Pada akhir kegiatan PKPMN angkatan III, pemuda sudah dibekali ilmu tambahan sebagai pemuda penggiat anti korupsi dari KPK dan penggiat anti narkoba dari BNN. Harapannya, saat kembali ke daerah mampu membuat kegiatan kepemudaan dengan menyisipi materi anti korupsi dan anti narkoba. Sesuai fokus saya di bidang startup maka akan saya buat event Start-Up 48 untuk membuat startup selama 48 hari untuk membuat pemuda semangat dalam berwirausaha digital. Saya juga memastikan Banyumas News sebagai media terdepan di Karisidenan Banyumas akan memberikan artikel-artikel bermuatan positif untuk menghilangkan prinsip media bad news is good news” pungkas Aditya.

Sumber pribadi