Program Pelatihan BLK Banyumas melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (Foto: BLK Kabupaten Banyumas) Program Pelatihan BLK Banyumas melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (Foto: BLK Kabupaten Banyumas)

BLK Banyumas membuka Pelatihan Gratis Bagi Keluarga Petani Tembakau, Ada Uang Sakunya

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link dibawah ini, atau datang langsung ke UPTD BLK Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas sebelum tanggal 13 Agustus 2022.

Banyumas.News - Balai Latihan Kerja Kabupaten Banyumas (BLK Banyumas) kembali membuka pendaftaran pelatihan gratis. Pelatihan kali ini bersumber dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau atau DBHCHT Tahun 2022. 

Karena sumber anggaran dari DBHCHT maka pelatihan ini diprioritaskan bagi petani / keluarga petani tembakau, keluarga buruh pabrik rokok yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Banyumas, serta warga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) meliputi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH) atau jenis lainnya.

Bagi petani / keluarga petani tembakau diperioritaskan kepada warga yang beralamat di Desa Cindaga, Losari, Pengadegan, Klapa Gading Kulon, Bantar dan Desa Ciberem. Sedangkan untuk warga yang masuk dalam DTKS diperioritaskan yang beralamat di Kecamatan Sumbang, Rawalo, Wangon, Kebasen, dan Kecamatan Jatilawang.

5 Bidang Pelatihan

Pada pelatihan ini terdapat 5 bidang keahlian yang dibuka di antaranya pelatihan menjahit, pengelasan, otomotif sepeda motor, pembuatan aneka kue / kudapan, serta pelatihan servis handphone. Berikut merupakan bidang keahlian, kuota serta lama waktu pelatihan:

  1. Pelatihan menjahit (kuota 10 orang, 15 hari pelatihan)
  2. Pelatihan pengelasan (kuota 16 orang, 20 hari pelatihan)
  3. Pelatihan otomotif sepeda motor (kuota 16 orang, 15 hari pelatihan)
  4. Pelatihan pembuatan aneka kue / kudapan (kuota 16 orang, 5 hari pelatihan)
  5. pelatihan servis handphone (kuota 16 orang, 20 hari pelatihan)

Fasilitas

Selain gratis, peserta yang mengikuti pelatihan ini juga akan mendapatkan fasilitas seperti uang saku peserta, konsumsi, pakaian kerja, modul dan alat tulis, serta sertifikat bagi peserta yang lulus pelatihan.

Persyaratan

Selain diprioritaskan bagi warga tertentu dan pada domisili tertentu seperti diuraikan sebelumnya, beberapa persyaratan pelatihan ini seperti Pria/Wanita berusia minimal 18 tahun, pendidikan maksimal SLTA/Sederajat, fotokopi KTP atau surat keterangan, fotokopi kartu keluarga, serta fotokopi ijasah terakhir. Persyaratan ini wajib dilampirkan saat mendaftar.

Pelaksanaan

Semua biaya pelatihan ini ditanggung oleh pemerintah dan gratis yakni melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau atau DBHCHT Tahun 2022. Pelatihan ini akan dilaksanakan di UPTD BLK Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas.

Pendaftaran

Bagi warga yang berminat dan memenuhi persyaratan dapat mendaftar secara online dan gratis melalui link bit.ly/daftarblkbms atau datang langsung ke UPTD BLK Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas. Batas waktu pendaftaran sampai tanggal 13 Agustus 2022.

Sumber BLK Kab Banyumas