Ilustrasi Ledakan Bom Nuklir Ilustrasi Ledakan Bom Nuklir

Ini Dia 5 Ledakan Bom Nuklir Terbesar Dalam Sejarah Dunia

Bom Nuklir Tsar Bomba merupakan bom nuklir terbesar yang pernah diuji coba di dunia, uji coba ini dilakukan pada tanggal 30 Oktober 1961 tepatnya di Pulau Novaya.

Banyumas.News - Seperti kita ketahui bersama bahwa bom yang paling ditakutkan adalah bom nuklir. Bom nuklir dapat disebut juga dengan bom atom, ledakan yang dihasilkan sangatlah besar dan tinggi jamur api yang dihasilkan dapat melebihi gunung tertinggi di dunia.  Sebenarnya sudah ada banyak uji coba ledakan bom nuklir, ada 5 ledakan terbesar sepanjang sejarah dunia.

5 Ledakan Bom Nuklir Terbesar dalam Sejarah Dunia

1. Bom Little Boy

Bom nuklir yang pertama kali digunakan dalam peperangan adalah bom nuklir yang dikenal Bom Little Boy yang dijatuhkan di Hiroshima oleh Amerika Serikat. Pengeboman ini dilakukan oleh Amerika Serikat sebagai tekanan kepada Jepang agar menyerah. Bom ini dijatuhkan pada tanggal 6 Agustus 1945 yang berdampak hingga radius 2 km dari pusat ledakan dengan tinggi jamur api hingga 12 Km. Ledakan ini menghasilkan ledakan setara dengan sekitar 15 kilo ton TNT dengan energi sebesar 55 Tera Joule. Bom ini dijatuhkan dari pesawat B29 Flight Superfortress yang dinamakan Enola Gay dari ketinggian 9450 m dan meledak pada pukul 8.15 pagi saat mencapai ketinggian 550 meter. Akibat dari peristiwa ledakan tersebut akhirnya menelan korban sekitar 90.000 - 146.000 jiwa.

2. Bom Fat Man

Tiga hari setelah ledakan bom atom di Hiroshima tepatnya tanggal 9 Agustus 1945 kembali lagi dijatuhkan bom atom yang dinamakan dengan Bom Fat Man. Dinamakan Fat Man karena bentuknya yang gemuk, awalnya target dijatuhkannya Fat Man bukan Nagasaki melainkan Kota Kokura, namun karena kondisi awan yang menutupi maka target dialihkan ke Nagasaki. Bom Fat Man dijatuhkan dari pesawat B29 Bomber Box Car pada ketinggian 550 m, Fat Man meledak pada pukul 11.00 pagi di saat ketinggian 503 m yang menghasilkan ledakan sekitar 21 kilo ton TNT atau setara dengan 88 Tera Joule. Akibat dari bom ini sekitar 40.000 orang meninggal di lokasi dan sekitar 25.000 orang terluka yang di kemudian harinya banyak korban meninggal yang berjatuhan.

3. Bom Nuklir B83

Bom Nuklir B83 merupakan bom yang dibuat oleh Amerika Serikat yang memiliki daya ledak sebesar 1,2 mega ton atau bisa dikatakan 1.200.000 ton TNT. Ini menghasilkan ledakan 80 kali lebih besar dari ledakan yang dihasilkan dari bom Hiroshima, tinggi jamur api yang dihasilkan sekitar 20 kilometer yang dapat menyapu objek hingga mencapai radius 7 km dari ledakan.

4. Bom Castle Bravo

Castle Bravo adalah ledakan nuklir terbesar yang pernah dilakukan oleh Amerika Serikat. Bom dijatuhkan di Pulau Marshall pada tanggal 1 Maret 1954. Bom ini memiliki daya ledak sebesar 15 megaton TNT. Bom Castle Bravo termasuk bom termonuklir yang memiliki daya ledak 1000 kali lebih besar dari bom di Hiroshima. Awalnya diperkirakan bom ini menghasilkan daya ledak 6 megaton namun perkiraan tersebut salah ternyata bom tersebut menghasilkan daya ledak 15 megaton TNT.

5. Tsar Bomba

Tsar Bomba merupakan bom nuklir buatan Rusia. Bom nuklir ini merupakan bom nuklir terbesar yang pernah diuji coba di dunia, uji coba ini dilakukan pada tanggal 30 Oktober 1961 tepatnya di Pulau Novaya dengan bobot sekitar 27 ton dan panjang 8 meter. Bom ini diangkut menggunakan pesawat TU-95 yang merupakan pesawat terbesar pada saat itu. Bom ini dijatuhkan di Pulau Novaya Zemlya di Samudra Arktik. Tsar Bomba adalah bom termonuklir atau bisa disebut juga dengan bom hidrogen, untuk membuat bom hidrogen dibutuhkan teknologi yang sangat canggih. Ledakan yang dihasilkan dari bom tersebut setara dengan 50 megaton TNT atau lebih besar sekitar 3300 dari ledakan bom Hiroshima. Bom tersebut menghancurkan semua gedung pada jarak 55 km. 

Sumber Banyumas.news